Contoh Soal-Soal UN SKL 9 Sosiologi
LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012
NO 28
|
|
|
Indikator
|
Mengidentifikasi jenis – jenis penelitian sosial
|
|
Pemetaan
Kisi - Kisi
|
KD
|
|
Pokok Bahasan
|
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Jenis –jenis penelitian
|
Contoh
Soal 1
|
Suatu penelitian yang difokuskan pada masalah tertentu dalam waktu lama dan mengungkapkan data apa adanya. Data penelitian diperoleh dari beberapa informasi yang merupakan pelaku dari obyek yang diteliti. Penelitian tersebut tergolong .. .
a. Eksperimen
b. Studi kasus
c. Eksplorasi
d. Dokumentasi
e. Analisis isi
UN 2009 /2010
|
Kunci :
|
|
B
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
JENIS-JENIS PENELITIAN
1. Penelitian ditinjau dari tujuannya
a. Penelitian Eksploratif , artinya penelitian yang bertujuan untuk menemukan atau mendapat kan suatu pe ngetahuan baru atau menemukan sesuatu yang sebelumnya belum ada
b. Penelitian Verivikatif, bertujuan untuk menguji kebenaran atau menguji hasil suatu penelitian yang sudah dilakukan karena adanya data-data atau kesimpulan yang diragukan kebenarannya
c. Penelitian Development . , bertujuan untuk mengembangkan , memperluas dan menggali lebih dalam suatu teori atau problematik keilmuan menjadi lebih dalam
2. Penelitian ditinjau dari cara pembahasannya
a. Penelitian Deskriptif , yaitu untuk melukiskan ,memaparkan,menuliskan melaporkan suatu keadaan,obyek atau peristiwa tanpa menarik kesimpulan umum
b. Penelitian Inferensial, yaitu disamping melukiskan peristiwa juga menarik kesimpulan umum dari masalah yang sedang dihadapi
3. Penelitian ditinjau dari cara penerapannya atau pemakaiannya
a. Penelitian Dasar / Murni, yaitu bertujuan untuk menemukan suatu generalisasi / berusaha menemukan menemukan teori-teori atau dalil-dalil yang berlaku umum
b. Penelitian Terapan, diarahkan untuk kepentingan praktis dibidang kehidupan sehari-hari. Contoh; penelitian obat-obatan tradisional.
4. Penelitian ditinjau dari tempat pelaksanaannya
a. Penelitian Laboratorium, dilakukan dalam suatu tempat khusus u n t u k mengadakan studi ilmiah dan kerja ilmiah
b. Penelitian Lapangan, dilakukan dalam kehidupan sebenarnya pada umumnya bertujuan untuk memecah kan masalah masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari
c. Penelitian Kepustakaan , bertujuan utk mengumpulkan data dan informasi d engan bantuan macam - ma cam materi yang terdapat diruang kepustakaan misalnya buku-buku, majalah , nas kah,catatan kisah seja rah, dokumen dll
5. Penelitian ditinjau dari bidangnya
a. Penelitian bidang alam, mempunyai obyek dunia riil materi atau dunia obyektif ,y ang dicari adalah fakta dan pembuktian kenyataan yang dipergunakan metode deduktif induktif ,mengi kuti eksperimen
b. Penelitian bidang sosial , obyeknya adalah manusia dan fenomena-fenomena manusiawi atau gejala-gejal a sosial. Titik beratnya adalah masalah efek atau pengaruh dan kegunaan bagi manusia
|
Contoh
Soal 2
|
Peneliti berusaha mendalami problem social dan keterkaitan factor - factor penyebabnya.
Berdasarkan tujuannya dapat diketahui bahwa jenis penelitian tersebut adalah
a. Deskripsi
b. Studi kasus
c. Korelasi
d. Dokumentasi
e. Eksperimen
UN 2010 / 2011
|
Kunci :
|
|
C
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan soal sama dengan contoh soal 1
|
Contoh
Soal 3
|
Peneliti berusaha menjelaskan gejala sosial dalam masyarakat secara kualitatif dan dalam mengolah data tidak menggunakan statistic. Model penelitian tersebut adalah … .
a. Komparatif
b. Eksperimen
c. Korelatif
d. Deskriptif
e. Eksplanatif
UN 2010 / 2011 ( Paket 12 )
|
Kunci :
|
|
D
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan soal sama dengan contoh soal 1
|
Contoh
Soal 4
|
Melalui kerjasama dengan guru BK seorang ahli pendidikan mengkaji gejala hambatan belajar beberapa siswa . Ahli tersebut ingin mendalami permasalahan secara lebih fokus
sehingga ke akar masalahnya . peneliti mengumpulkan data dengan
menelusuri jejak rekam siswa yang diteliti. Deskripsi tersebut
mengidentifikasikan jenis penelitian ….
a. Deskriptif
b. Korelatif
c. Komparatif
d. Studi kasus
e. Survei
UN 2009 /2010 Paket 14
|
Kunci :
|
|
D
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan soal sama dengan contoh soal 1
|
LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012
NO 28
|
|
|
Indikator
|
Mengidentifikasi jenis – jenis penelitian sosial
|
|
Pemetaan
Kisi - Kisi
|
KD
|
|
Pokok Bahasan
|
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Metode Penelitian
|
Contoh
Soal 5
|
Judul
penelitian “ Kehidupan Penduduk miskin di pinggiran Ibukota “ Untuk
meneliti hal tersebut , metode penelitian yang paling tepat digunakan
untuk mengkajinya adalah … .
a. Kuantitatif korelatif
b. Deskriptif kualitatif
c. Komparatif
d. Historikal
e. Survei
UN 2009/2010 Paket 47
|
Kunci :
|
|
B
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
a. Metode Historis , merupakan penelitian yang kritis terhadap keadaan –keadaan ,perkembang an dan penga laman di masa lampau,berdasarkan pada gambaran tertulis maupun lesan.
b. Metode Deskriptif, merupakan suatu metode penelitian yang meneliti status sekelompok ma nusia, obyek , kondisi pemikiran ataupun peristiwa yang ada dimasa sekarang.
Atau dengan kata lain metode penelitian yang digunakan untuk membuat gambaran mengenai suatu situasi atau kejadian dengan cara mengumpulkan data-data dasar saja.
c. Metode Eksperimen , m e rupakan penelitian yang memanipulasi ( mengatur, merekayasa ) dan mengontrol ( mengendalikan ) situasi alamiah menjadi situasi buatan (artifikal ) sesuai dengan tujuan penelitian
d. Metode Grounded Research, merupakan studi perbandingan yang bertujuan untuk menentukan sampai se jauh mana suatu gejala berlaku umum
e. Penelitian Tindakan, merupakan suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama antara pa ra peneliti dan pengambil kebijakan tentang variable-variabel yang dapat dimanipulasi serta dapat segera digunakan untuk menentukan kebijakan dan pembangunan .
|
Contoh
Soal 6
|
Sebuah
judul penelitian “ Perbandingan Tingkat pelanggaran Tata tertib di
sekolah antara siswa putra dengan siswa putri . Dari Judul tersebut
metode pembahasan yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah … .
a. Komparasi
b. Deskripsi
c. Korelasi
d. Survei
e. Kasus
UN 2009 /2010 Paket 14
|
Kunci :
|
|
A
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan soal sama dengan contoh soal 5
|
LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012
NO 29
|
|
|
Indikator
|
Mendeskripsikan rancangan penelitian social atau melakukan penelitian sosial
|
|
Pemetaan
Kisi - Kisi
|
KD
|
|
Pokok Bahasan
|
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Topik penelitian
|
Contoh
Soal 1
|
Dalam rancangan penelitian sosial yang perlu diperhatikan adalah pemilihan topik penelitian. Salah satu syarat topik yang baik adalah yaitu cukup menarik untuk diteliti, artinya…
a. Memiliki manfaat bagi masyarakat luas
b. Berkaitan erat dengan isu – isu yang diteliti
c. Mendorong semangat melakukan penelitian
d. Menambah jumlah topik penelitian
e. Meningkatkan pengetahuan masyarakat
UN 2008 / 2009 Paket 47
|
Kunci :
|
|
C
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
|
Contoh
Soal 2
|
Setiap kegiatan penelitian harus dimulai dengan pemilihan topik. Peneliti hendaknya memilih topik yang benar –benar menarik minat peneliti. Tujuan pemilihan topikseperti tersebut adalah …
a. Mendorong semangat kerja peneliti
b. Memecahkan persoalan dalam masyarakat
c. Mendapatkan subyek penelitian yang berkualitas
d. Mempermudah dalam mengolah data penelitian
e. Melanjutkan penelitian yang topiknya sama
|
Kunci :
|
|
A
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
|
Contoh
Soal 3
|
Agar peneliti bersemangat untuk menyelesaikan tugasnya sesuai jadwal maka topik penelitian harus memiliki syarat tertentu yaitu … .
a. Menarik minat peneliti
b. Menjadi perhatian masyarakat
c. Penting untuk diteliti
d. Tersedia data yang sesuai
e. Penelitian factual dan obyektif
UN 2010 / 2011 Paket 12, 25 , 39, ,54
|
Kunci :
|
|
A
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
|
LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012
NO 29
|
|
|
Indikator
|
Mendeskripsikan rancangan penelitian social atau melakukan penelitian sosial
|
|
Pemetaan
Kisi - Kisi
|
KD
|
|
Pokok Bahasan
|
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Sampel
|
Contoh
Soal 4
|
Cara
Pengambilan sampel penelitian dengan cara di undi secara acak
sehingga seluruh anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk
dipilih menjadi sampel merupakan sampel… .
a. Wilayah
b. Random
c. Bertujuan
d. Kelompok
e. Sebanding
UN 2009/ 2010 Paket 47
|
Kunci :
|
|
B
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
a. Sampel Acak Sederhana ( Random )
Yaitu setiap subyek penelitian memiliki kemungkinan yang sama untuk menjadi sampel penelitian caranya dengan melalui undian
b. Sampel Stratifikasi ( bertingkat )
D iambil
dengan cara membagi populasi atas kelas-kelas atau tingkat.Anggota
setiap sampel diambil dari setiap kelas tersebut sehingga setiap kelas
terwakili .
Contoh :
Seorang peneliti ingin mengetahui pend a pat
mahasiswa sosiologi di seluruh Universitas mengenai susunan kurikulum
SMA untuk pelajaran sosiologi. Populasi terdiri dari mahasiswa semua
tingkatan,maka pengambilan sampel dapat dilakukan dengan sistim
bertingkat atau berstrata yaitu mulai dari mahasiswa tingkat I hingga tingkat IV, dan sampel tersebut mewakili tiap tingkatan
c. Sampel Kelompok ( Cluster )
Yaitu populasi dibagi atas kelompok menurut area atau cluster, dengan anggota yang tidak perlu homogen . Pada umumnya sample cluster hanya digunakan untuk populasi yang cukup besar
d. Sampel Kuota
Yaitu dilakukan dengan cara menentukan stratanya ( kelas atau golongan yang berupa tingkat / lapisan ) terlebih dahulu menurut sifat-sifat yang dianggap memiliki pengaruh paling dominan te r hadap variabel yang sering diteliti, kemudian jumlah anggota setiap lapisan tersebut ditentukan berdasarkan kuota ( jatah )
e. Sampel bertujuan ( purposive sampling).
Yaitu merupakan cara pengambilan sampel dengan tujuan tertentu atau alasan tertentu
Misalnya : alasan waktu dan dana terbat as
f. Sampel sebanding (proportional sampling)
Hampir
sama dengan sampel kuota. Diperoleh dengan cara mengambil
anggota-anggota strata , sehingga tiap strata diwakili oleh sejumlah
anggota yang sebanding dengan besarnya strata tersebut.
g. Sampel sistematik
Caranya
dengan membuat daftar anggota-anggota populasi secara berurutan.
Kemudian ditentukan satu nomor patokan sebagai titik awal menarik
sampel, nomor selanjutnya ditentukan secara sistematik menurut
interval tertentu.
|
Contoh
Soal 5
|
Populasi
penelitian terdiri dari beberapa jenis kelompok dengan jumlah yang
tidak sama . Namun penentuan jumlah sampelnya secara seimbang sesuai
jumlah masing – masing kelompok dalam populasi . Dengan demikian
tekhnik sampling yang tepat adalah … .
a. Cluster sampling
b. Random sampling
c. Purposive sampling
d. Area sampling
e. Proporsional sampling
UN 2009 / 2010 Paaket 14
|
Kunci :
|
|
E
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan sama dengan contoh soal 4
|
Contoh
Soal 6
|
Seorang
peneliti dalam mengambil data apabila populasinya cukup besar, maka
peneliti d dapat mengambil sampel. Populasi dibedakan dalam beberapa
kelompok dan dari masing – masing kelompok diambil sejumlah 20 orang.
Tekhnik yang digunakan oleh peneliti tersebut adalah …
a. Cluster sampling
b. Insidental sampling
c. Purposive sampling
d. Area sampling
e. Random sampling
UN 2010 / 2011 Paket 54
|
Kunci :
|
|
A
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan sama dengan contoh soal 4
|
Contoh
Soal 7
|
Pemerintah
kota Surabaya melakukan penelitian tentang tingkat pendidikan
masyarakat. Pengambilan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan
penduduk yang tersebar dalam beberapa kecamatan . Tekhnik pengambilan
sampel tersebut adalah … .
A. Area Sampling
B. Purposive Sampling
C. Insidental sampling
D. Cluster sampling
E. Stratified sampling
UN 2010 /2011 Paket 12
|
Kunci :
|
|
A
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan sama dengan contoh soal 4
|
Contoh
Soal 8
|
Seorang peneliti mengambil sampel dari populasi yang meliputi siswa kelas X, XI dan XII SMA.
Tekhnik sampling yang yang tepat digunakan adalah … .
A. Area sampling
B. Stratified sampling
C. Cluster sampling
D. Proportional sampling
E. Purposive sampling
UN 2009 / 2010 Paket 47
|
Kunci :
|
|
B
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan sama dengan contoh soal 4
|
Contoh
Soal 9
|
Untuk mengetahui dampak negative
penyalahgunaan narkoba bagi kehidupan social , peneliti hanya
mengambil sampel dari para pengguna narkoba saja. Contoh tersebut
merupakan sampel ….
A. Proporsi
B. Wilayah
C. Berstrata
D. Kuota
E. Bertujuan
UN 2009 / 2010 Paket 14
|
Kunci :
|
|
E
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan sama dengan contoh soal 4
|
NO 29
|
|
|
Indikator
|
Mendeskripsikan rancangan penelitian social atau melakukan penelitian sosial
|
|
Pemetaan
Kisi - Kisi
|
KD
|
|
Pokok Bahasan
|
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
data ( Jenis Data )
|
Contoh
Soal 10
|
Hasil
pengumpulan data penelitian tentang kehidupan masyarakat miskin
dikota diperoleh dari Pemda setempat antara lain penyebaran lokasi
pemukiman,jumlah populasi masyarakat miskin, jenis pekerjaan, dan
lamanya menempati wilayah tersebut. Data tersebut termasuk jenis data …
.
A. Laboratorium
B. Kepustakaan
C. Lapangan
D. Sekunder
E. Primer
UN 2008/ 2009 Paket 47
|
Kunci :
|
|
D
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Data dalam sebuah penelitian dapat dibedakan menjadi beberapa macam sbb:
a) Berdasarkan Cara Memperolehnya
Ø Data primer ; data yang diperoleh dari sumber pertama
Seperti data-data yang diperoleh peneliti dari wawancara, angket , observasi, dan tes
Ø Data Sekunder, yaitu d ata yang diperoleh secara tidak langsung dari sumber lain
Seperti data dari Biro Pusat Statistik, selain itu sumber-sumber kepustakaan,ma jalah , surat kabar dan juga arsip, dokumen dan catatan
b) Berdasarkan sifatnya
Ø Data Kuantitatif, data yang dinyatakan dalam bentuk bilangan atau angka yang hasinya dapat diolah dan dianalisis dengan menggunakan tekhnik – tekhnik statistik
Seperti ; Luas lahan pertanian 10.000 hektar,anak putus sekolah 20 orang
Ø Data Kualitatif, data-data yang tidak dinyatakan dalam bentuk angka , tetapi lebih banyak menggunakan deskripsi, ungkapan atau makna –makna tertentu yang harus diungkap peneliti
Seperti data tentang status perkawinan, jenis kelamin,kelas sosial dll
c) Berdasarkan Sumbernya
Ø Data Intern, data yang dikumpulkan sendiri dan untuk keperluan sendiri
Ø Data Ekstern, yaitu
data yang dikumpulkan oleh orang atau badan lain,yaitu bisa digunakan
untuk keperluan sendiri atau untuk diselidiki oleh pihak lain baik perorangan atau kelompok
|
Contoh
Soal 11
|
Sekelompok
siswa SMA /MA melakukan pengamatan dan wawancara dengan para sopir
angkutan kota guna memperoleh data . data tersebut mengenai tingkat
pendidikan , jumlah anggota keluarga, , lama bekerja dalam
sehari,pendapatan kotor , jumlah uang yang harus disetorkan dll.
Ditinjau dari cara memperolehnya data tersebut termasuk jenis data … .
A. Sekunder
B. Kualitatif
C. Kuantitatif
D. Primer
E. Nominal
UN 2009 / 2010 Paket 14
|
Kunci :
|
|
D
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan sama dengan contoh soal 10
|
Contoh
Soal 12
|
Melalui
kegiatan observasi maupu wawancara , peneliti memperoleh data fisik
siswa terutama berat badan dan tinggi badan . Berdasarkan bentuknya
data tersebut termasuk data…
A. Kualitatif
B. Kuantitatif
C. Sekunder
D. Primer
E. Internal
UN 2010/ 2011 Paket 54
|
Kunci :
|
|
B
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan sama dengan contoh soal 10
|
Contoh
Soal 13
|
Petugas sensus memperoleh data
dengan cara dating dari rumah ke rumah penduduk untuk menanyakan
jumlah anggota keluarga, tingakat pendidikan, keadaan ekonomi dll.
Ditinjau dari cara memperolehnya data tersebut termasuk data …..
a. Primer
b. Sekunder
c. Kualitatif
d. Kuantitatif
e. Campuran
|
Kunci :
|
|
A
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan sama dengan contoh soal 10
|
LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012
NO 29
|
|
|
Indikator
|
Mendeskripsikan rancangan penelitian social atau melakukan penelitian sosial
|
|
Pemetaan
Kisi - Kisi
|
KD
|
|
Pokok Bahasan
|
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Pengumpulan Data
|
Contoh
Soal 14
|
Penelitian
yang bertujuan untuk memperoleh data secara langsung tentang tingkah
laku subyek , sebaiknya menggunakan tekhnik … .
a. Studi pustaka
b. Survei Lapangan
c. Dokumentasi
d. Kuesioner
e. Observasi
UN 2007 /2008 Paket A
|
Kunci :
|
|
E
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pengumpulan data dalam penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa tekhnik:
a. OBSERVASI
Adalah merupakan aktivitas penelitian dalam rangka mengumpulkan data yang berkaitan d en g a n masalah
masalah penelitian melalui proses pengamatan langsung di lapangan
Observasi dapat digolongkan sebagai tekhnik pengumpulan data jika mempunyai kriteria sbb
Ø Dimanfaatkan untuk penelitian dan direncanakan secara sistematik
Ø Harus berkaitan dengan tujuan penelitian yang direncanakan
Ø Harus di catat secara sistematis
Ø Dapat diperiksa dan dikontrol Validitas ( tingkat kepercayaan ) dan reliabilitasny a ( tingkat kehandalannya
Menurut keberadaan pengamat di lapangan , observasi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
1) Pengamatan Terlibat ( Observasi Partisipasi )
Yaitu observasi yang dilakukan pengamat dengan cara melibatkan diri kedalam lingkungan obyek pengamatan
Contoh : Seorang peneliti ingin mengetahui tentang pola hidup masyarakat Tengger maka untuk mengetahui hal ini peneliti dapat melakukan observasi partisipasi, yaitu hidup bersama dengan masya rakat Tengger selama jangka waktu tertentu.
2) Pengamatan tidak terlibat ( Observasi Non Partisipasi )
Yaitu peneliti tidak melibatkan diri secara langsung kedalam obyek pengamatan,tetapi tetap bisa memperoleh gambaran mengenai obyeknya
Contoh
: Seorang peneliti ingin mengamati tentang pola perilaku pengamen
anak-anak disebuah terminal. Dalam proses pengamatan,peneliti tidak
harus berperilaku atau menjadi bagian dari pengamen tersebut, namun cukup dengan cara mengamati pola perilaku , kesibukan mereka dari jarak tertentu
b. WAWANCARA
Adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab
sambil bertatap muka antara si peneliti dengan obyek penelitian
Dalam wawancara ada dua pihak yang terlibat yaitu
A Interviewer( Pewawancara ), yaitu o rang yang mewawancarai /pihak pewawancara
A Interviewer( Terwawancara), yaitu orang yang diwawancarai
c. ANGKET/ KUESIONER ( DAFTAR PERTANYAAN )
Angket adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden
dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal lain yang ia ketahui.
d . T E S
Adalah serentetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur ketrampilan, penge tahuan,intelegensi,kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok
e. ANALISIS ISI MEDIA MASSA
Berita-berita yang dapat dijadikan data:
R Berita yang obyektif ( apa adanya )
R Tidak memihak
R Mengandung wawasan ilmiah
R Beritanya a k tual
f . STUDI KEPUSTAKAAN
Merupakan suatu kegiatan penelusuran dan penelaahan literature , yang dapat dilakukan sebelum dan sesudah pe m ilihan masalah penelitian
Informasi dapat dilakukan dengan cara: penggunaan bahan dokumentsi seperti, buku, majalah arsip , notulen rapat dll
|
Contoh
Soal 15
|
Seorang
peneliti ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang kehidupan
suku Asmat yang ada di Papua. Peneliti terjun secara langsung ikut
serta menjadi bagian dari kehidupan mereka selama berbulan – bulan.
Dengan demikian dia dapat memperoleh data empirik tentang suku Asmat.
Tekhnik pengumpulan data tersebut adalah … .
A. Kuesioner / angket tertutup
B. Wawancara berstruktur
C. Observasi partisipasif
D. Observasi non partisipasif
E. Analisis isi media massa
UN 2008 / 2009 Paket B
|
Kunci :
|
|
C
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan sama dengan contoh soal 14
|
Contoh
Soal 16
|
Perhatikan pernyataan berikut
1. Dapat mengamatiperubahan perilaku kelompok
2. Kemungkinan pencatatan berbagai gejala dengan cepat
3. Tidak terbatas pada tingkat pendidikan tertentu
4. Tekhnik terbaik untuk mendapat data pribadi
Dari pernyataan di atas yang menunjukkan kelebihan dari tekhnik wawancara adalah
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
UN 2008 / 2009 PAKET B
|
Kunci
|
|
E
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Ke lebihan dan kelemahan wawancara
1) Ke lebihan
Ø Merupakan salah satu t ekhnik terbaik untuk mendapatkan data pribadi
Ø Tidak terbatas pada tingkat pendidikan tertentu asal responden dapat berbicara d en g a n baik
Ø Dapat dijadikan pelengkap tekhnik pengu m pulan data lainnya
Ø Sebagai penguji terhadap data yang didapat dengan tekhnik pengumpul lainnya
Ø Dapat diperoleh keterangan secara mendalam
Ø Informasi yang diinginkan dapat diperoleh dengan tepat
Ø Dapat dipastikan bahwa jawaban dari responden
Ø Dapat berusaha agar pertanyaan benar –benar dipahami responden
Ø Cara –cara bertanya lebih fleksibel
Ø Pewawancara yang sensitive dapat menilai gerak –gerik , nada dan suara serta air muka responden
2). Kelemahan
Ø Responden harus mampu bicara dengan jelas dan benar, orang yang bisu tidak dapat diwawancarai
Ø Waktu, biaya dan tenaga yang digunakan tidak efisien
Ø Sangat tergantung pada kesediaan responden
Ø Proses wawancara sangat m udah dipengaruhi oleh keadaan yang terjadi pada saat wawancara
Ø Untuk obyek yang luas diperlukan pewawancara yang banyak jumlahnya
Ø Kondisi si pewawancara tidak selalu stabil dalam menghadapi berbagai orang secara berturut-turut
Ø Belum ada sistem yang baku mengenai mencatat hasil wawancara
|
Contoh
Soal 17
|
Beberapa cara pengumpulan data
1. Dapat mengungkap gejala jiwa individu secara mendalam
2. Sangat cocok untuk mendapatkan data dari sumber yang melek huruf
3. Data penelitian yang diperoleh dapat dianalisis dengan cepat dan mudah
4. Mampu menggambarkan kegiatan masyarakat dengan lebih sempurna
Dari pernyataan di atas yang menunjukkan keunggulan metode angket adalah
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
UN 2009 /2010 Paket 47
|
Kunci :
|
|
C
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Ke lebihan dan kelemahan Angket
1) Ke lebihan
Ø Tidak memerlukan hadirnya peneliti
Ø Dapat dibagikan secara serentak kepada responden
Ø Dapat dijawab oleh responden menurut kesempatan dan waktu yang tersedia
Ø Responden tidak malu-malu dan dapat menjawab setiap pertanyaan dengan jujur
Ø Bersifat standar sehingga semua responden mendapat pertanyaan yang sama ( homogen )
2) Kelemahan
Ø Metode angket hanya bisa digunakan apabila respondennya dapat membaca dan menulis
Ø Responden mempunyai pengetahuan ,kemampuan dan kesediaan untuk menjawab
Ø Responden sering tidak teliti dalam menjawab pertanyaan
Ø Seringkali sukar dicari validitasnya ( tingkat kepercayaannya )
Ø Kadang-kadang responden dengan sengaja memberikan jawaban yang tidak benar
Ø Jika dikirim dengan pos sering tidak kembali
Ø Waktu pengembaliannya tidak dapat serempak
|
Contoh
Soal 16
|
Beberapa cara pengumpulan data
1. Memperoleh data actual dengan berlangsungnya objek kajian
2. Sangat baik untuk mengetahaui karakter individu responden
3. Menggunakan sedikit sarana dan waktu untuk memperoleh data primer
4. Memberi kesempatan kepada peneliti untuk mengembangkan pertanyaan
Dari pernyataan di atas yang menunjukkan keunggulan tekhnik wawancara adalah
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
UN 2010/ 2011 Paket 54
|
Kunci :
|
|
D
|
|
Catatan
|
|
Pembahasan
Soal
|
Pembahasan sama dengan contoh soal 14
|
LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012
NO 30
|
|
|
Indikator
|
Mendeskripsikan hasil penelitian sosial
|
|
Pemetaan
Kisi - Kisi
|
KD
|
|
Pokok Bahasan
|
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Interpretasi data
|
Contoh
Soal 1
|
Perhatikan tabel hasil try out tes prestasi siswa berikut di bawah ini
Catatan : Modus 70
Berdasarkan angka modus tersebut dapat diketahui bahwa … .
A. Mayoritas terbesar siswa mendapat nilai 70
B. Paling banyak siswa yang mendapat nilai sama
C. Sebagian siswa mendapat nilai di atas 70
D. Siswa yang malas belajar tidak mendapat nilai 70
E. Jumlah siswa yang mendapat nilai tinggi lebig dari 70
UN 2007 / 2008
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar