Rabu, 15 Februari 2012



Contoh Soal-Soal UN SKL 9 Sosiologi

image
LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012

NO  28

Indikator
 
Mengidentifikasi jenis – jenis penelitian sosial
Pemetaan
Kisi - Kisi
KD

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Kata Kunci


Materi
 
Jenis –jenis penelitian

Contoh
Soal 1
 
 
Suatu penelitian yang difokuskan pada masalah tertentu dalam waktu lama dan mengungkapkan  data apa adanya. Data penelitian diperoleh dari beberapa informasi yang merupakan pelaku dari  obyek yang diteliti. Penelitian tersebut tergolong .. .
a.       Eksperimen
b.      Studi kasus
c.       Eksplorasi
d.      Dokumentasi
e.      Analisis isi

UN 2009 /2010
Kunci :
 
B
 
 
Catatan
 
Pembahasan
Soal
 
 
 
 
 
 
JENIS-JENIS PENELITIAN
1.    Penelitian ditinjau dari tujuannya
a.     Penelitian Eksploratif , artinya penelitian yang bertujuan untuk menemukan atau   mendapat kan suatu pe ngetahuan baru atau menemukan  sesuatu yang sebelumnya belum ada
b.     Penelitian Verivikatif, bertujuan untuk menguji kebenaran atau menguji hasil suatu penelitian yang sudah dilakukan karena adanya data-data atau kesimpulan yang diragukan kebenarannya
c.     Penelitian Development . ,   bertujuan  untuk  mengembangkan , memperluas dan menggali lebih dalam suatu teori atau problematik keilmuan menjadi lebih dalam

2.    Penelitian ditinjau dari cara pembahasannya
a.     Penelitian   Deskriptif , yaitu untuk melukiskan ,memaparkan,menuliskan  melaporkan suatu keadaan,obyek atau peristiwa tanpa menarik kesimpulan umum
b.     Penelitian Inferensial, yaitu disamping melukiskan peristiwa  juga menarik kesimpulan umum   dari masalah yang sedang dihadapi

3.    Penelitian ditinjau dari cara penerapannya atau pemakaiannya
a.     Penelitian Dasar / Murni,   yaitu bertujuan untuk menemukan suatu generalisasi   /   berusaha menemukan menemukan teori-teori atau dalil-dalil yang berlaku umum
b.     Penelitian Terapan,   diarahkan  untuk  kepentingan  praktis  dibidang kehidupan sehari-hari. Contoh; penelitian obat-obatan tradisional.
 
4.    Penelitian ditinjau  dari  tempat pelaksanaannya
a.     Penelitian Laboratorium, dilakukan dalam suatu tempat khusus u n t u k mengadakan studi ilmiah dan kerja ilmiah
b.     Penelitian Lapangan, dilakukan dalam kehidupan sebenarnya    pada umumnya bertujuan untuk memecah kan masalah masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari
c.     Penelitian Kepustakaan , bertujuan utk mengumpulkan data dan informasi d engan   bantuan macam - ma cam  materi yang terdapat diruang  kepustakaan misalnya buku-buku, majalah , nas kah,catatan kisah seja rah, dokumen dll
 
5.    Penelitian ditinjau  dari bidangnya
a.     Penelitian bidang alam,   mempunyai obyek dunia riil materi atau dunia obyektif ,y ang  dicari adalah fakta dan pembuktian kenyataan yang dipergunakan metode deduktif induktif ,mengi kuti eksperimen
b.      Penelitian bidang sosial , obyeknya adalah manusia dan fenomena-fenomena manusiawi  atau gejala-gejal a sosial. Titik  beratnya  adalah   masalah efek atau pengaruh dan kegunaan bagi manusia



Contoh
Soal 2
 
 
Peneliti berusaha mendalami  problem social dan keterkaitan  factor - factor  penyebabnya.
Berdasarkan tujuannya dapat diketahui bahwa jenis penelitian  tersebut adalah
a.       Deskripsi
b.      Studi kasus
c.       Korelasi
d.      Dokumentasi
e.      Eksperimen


UN 2010 / 2011
Kunci :
 
C

 
Catatan
 
Pembahasan
Soal
Pembahasan soal sama dengan contoh soal 1



Contoh 
Soal 3


Peneliti berusaha menjelaskan gejala sosial dalam masyarakat secara kualitatif  dan dalam mengolah data tidak menggunakan  statistic. Model penelitian tersebut adalah … .
a.       Komparatif
b.      Eksperimen
c.       Korelatif
d.      Deskriptif
e.      Eksplanatif

UN 2010 / 2011 ( Paket 12 )
Kunci :

D

Catatan

Pembahasan
Soal

Pembahasan soal sama dengan contoh soal 1



Contoh
Soal 4

Melalui kerjasama dengan guru BK seorang ahli pendidikan mengkaji gejala hambatan belajar  beberapa siswa . Ahli tersebut ingin mendalami permasalahan secara lebih fokus  sehingga ke akar masalahnya . peneliti mengumpulkan data dengan menelusuri jejak rekam siswa yang diteliti. Deskripsi tersebut mengidentifikasikan jenis penelitian ….
a.       Deskriptif
b.      Korelatif
c.       Komparatif
d.      Studi kasus
e.      Survei

UN 2009 /2010  Paket 14

Kunci :


D

Catatan


Pembahasan
Soal

Pembahasan soal sama dengan contoh soal 1




LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012

NO  28

Indikator

Mengidentifikasi jenis – jenis penelitian sosial
Pemetaan
Kisi - Kisi
KD

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Kata Kunci


Materi
Metode Penelitian

Contoh 
Soal 5


Judul penelitian “ Kehidupan Penduduk miskin di pinggiran Ibukota “ Untuk meneliti hal tersebut , metode penelitian yang paling tepat digunakan untuk mengkajinya adalah … .
a.       Kuantitatif korelatif
b.      Deskriptif kualitatif
c.       Komparatif
d.      Historikal
e.      Survei

UN 2009/2010 Paket 47
Kunci :


B
Catatan


Pembahasan
Soal






a.     Metode Historis , merupakan penelitian yang kritis  terhadap keadaan –keadaan ,perkembang an dan penga laman di masa lampau,berdasarkan pada gambaran tertulis maupun lesan.

b.     Metode Deskriptif, merupakan suatu metode penelitian yang meneliti status sekelompok ma nusia, obyek , kondisi pemikiran ataupun peristiwa yang ada dimasa sekarang.
Atau dengan kata lain metode penelitian yang digunakan untuk membuat  gambaran mengenai   suatu situasi atau kejadian dengan cara mengumpulkan data-data dasar saja.

c.     Metode Eksperimen ,   m e rupakan penelitian yang memanipulasi  ( mengatur, merekayasa )  dan mengontrol ( mengendalikan ) situasi alamiah menjadi situasi buatan (artifikal ) sesuai dengan tujuan penelitian

d.     Metode Grounded Research, merupakan studi perbandingan yang bertujuan untuk menentukan sampai se jauh mana suatu gejala berlaku umum

e.     Penelitian Tindakan,   merupakan suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama antara pa ra peneliti dan pengambil kebijakan tentang variable-variabel yang dapat   dimanipulasi serta dapat segera digunakan untuk menentukan kebijakan dan pembangunan .


Contoh
Soal 6

Sebuah judul penelitian “ Perbandingan Tingkat pelanggaran Tata tertib di sekolah antara siswa putra dengan siswa putri . Dari Judul tersebut metode pembahasan yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah … .
a.       Komparasi
b.      Deskripsi
c.       Korelasi
d.      Survei
e.      Kasus

UN 2009 /2010 Paket 14

Kunci :


A

Catatan


Pembahasan
Soal
Pembahasan soal sama dengan contoh soal 5



LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012

NO  29

Indikator
 
Mendeskripsikan rancangan penelitian social atau melakukan penelitian sosial
Pemetaan
Kisi - Kisi
KD

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Kata Kunci


Materi
Topik penelitian

Contoh
Soal 1
 
 
Dalam rancangan penelitian  sosial yang perlu diperhatikan  adalah pemilihan topik penelitian. Salah satu syarat topik yang baik adalah yaitu cukup menarik untuk diteliti, artinya…
a.       Memiliki manfaat bagi masyarakat luas
b.      Berkaitan erat dengan isu – isu yang diteliti
c.       Mendorong semangat melakukan penelitian
d.      Menambah jumlah topik penelitian
e.      Meningkatkan pengetahuan masyarakat

UN 2008 / 2009 Paket  47
Kunci :
 
 
C
Catatan
 
Pembahasan
Soal
 
 


Contoh
Soal 2
 
 
Setiap kegiatan penelitian harus dimulai dengan pemilihan topik. Peneliti hendaknya memilih topik  yang benar –benar menarik minat peneliti. Tujuan pemilihan topikseperti tersebut adalah …
a.       Mendorong semangat kerja peneliti
b.      Memecahkan persoalan dalam masyarakat
c.       Mendapatkan subyek penelitian yang berkualitas
d.      Mempermudah dalam mengolah data penelitian
e.      Melanjutkan penelitian yang topiknya sama



Kunci :
 
A

 
Catatan
Pembahasan
Soal




Contoh 
Soal 3


Agar peneliti bersemangat untuk menyelesaikan tugasnya sesuai jadwal maka topik penelitian harus memiliki syarat  tertentu yaitu … .
a.       Menarik minat peneliti
b.      Menjadi perhatian masyarakat
c.       Penting untuk diteliti
d.      Tersedia data yang sesuai
e.      Penelitian factual dan obyektif


     UN  2010 / 2011 Paket 12, 25 , 39, ,54
Kunci :


A

Catatan

Pembahasan
Soal





LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012

NO  29

Indikator

Mendeskripsikan rancangan penelitian social atau melakukan penelitian sosial
Pemetaan
Kisi - Kisi
KD

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Kata Kunci


Materi
Sampel

Contoh
Soal 4

Cara Pengambilan sampel penelitian dengan cara di undi secara acak sehingga seluruh anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampel merupakan sampel… .
a.       Wilayah
b.      Random
c.       Bertujuan
d.      Kelompok
e.      Sebanding

UN 2009/ 2010 Paket 47

Kunci :

B


Catatan

Pembahasan
Soal



a.      Sampel Acak Sederhana ( Random )
Yaitu setiap subyek penelitian memiliki kemungkinan yang sama untuk menjadi sampel penelitian caranya dengan melalui undian

b.      Sampel  Stratifikasi ( bertingkat )
D iambil dengan cara membagi populasi atas kelas-kelas atau tingkat.Anggota setiap sampel diambil dari setiap kelas tersebut sehingga setiap kelas terwakili .
Contoh :
Seorang peneliti ingin mengetahui pend a pat mahasiswa sosiologi di seluruh Universitas mengenai susunan kurikulum SMA untuk pelajaran sosiologi. Populasi terdiri dari mahasiswa semua tingkatan,maka pengambilan sampel dapat dilakukan dengan sistim bertingkat atau berstrata   yaitu mulai dari mahasiswa tingkat I hingga tingkat IV, dan sampel tersebut mewakili tiap tingkatan
 
c.      Sampel Kelompok     ( Cluster )
Yaitu populasi dibagi atas kelompok menurut area atau cluster,  dengan   anggota  yang  tidak perlu homogen . Pada umumnya sample cluster hanya digunakan untuk populasi yang cukup besar

d.      Sampel Kuota
Yaitu dilakukan dengan cara menentukan stratanya ( kelas atau golongan  yang berupa tingkat / lapisan ) terlebih dahulu menurut sifat-sifat yang dianggap memiliki pengaruh paling dominan te r hadap variabel yang sering diteliti, kemudian   jumlah    anggota setiap lapisan tersebut ditentukan berdasarkan kuota ( jatah )
 
e.      Sampel bertujuan ( purposive sampling).
Yaitu merupakan cara pengambilan sampel dengan tujuan tertentu atau alasan tertentu
Misalnya : alasan waktu dan dana terbat as
 
f.       Sampel sebanding (proportional sampling)
Hampir sama dengan sampel kuota. Diperoleh dengan cara mengambil anggota-anggota strata , sehingga tiap strata diwakili oleh sejumlah anggota yang sebanding dengan besarnya strata tersebut.
 
g.      Sampel sistematik
Caranya dengan membuat daftar anggota-anggota populasi secara berurutan. Kemudian ditentukan satu nomor patokan sebagai titik awal menarik sampel, nomor selanjutnya ditentukan secara sistematik menurut interval tertentu.

Contoh 
Soal 5


Populasi penelitian terdiri dari beberapa jenis kelompok dengan jumlah yang tidak sama . Namun penentuan jumlah sampelnya secara seimbang sesuai jumlah masing – masing kelompok dalam populasi . Dengan demikian tekhnik sampling yang tepat adalah … .
a.       Cluster sampling
b.      Random sampling
c.       Purposive sampling
d.      Area sampling
e.      Proporsional sampling

UN 2009 / 2010 Paaket 14
Kunci :

E

Catatan


Pembahasan
Soal
Pembahasan sama dengan contoh soal 4

Contoh
Soal 6

Seorang peneliti dalam mengambil data apabila populasinya cukup besar, maka peneliti d dapat mengambil sampel. Populasi dibedakan dalam beberapa kelompok dan dari masing – masing kelompok diambil sejumlah 20 orang. Tekhnik yang digunakan oleh peneliti tersebut adalah …
a.       Cluster sampling
b.      Insidental sampling
c.       Purposive sampling
d.      Area sampling
e.      Random sampling

UN 2010 / 2011 Paket 54
Kunci :


A

Catatan


Pembahasan
Soal
Pembahasan sama dengan contoh soal 4


Contoh
Soal 7
 
 
Pemerintah kota Surabaya melakukan penelitian tentang tingkat pendidikan masyarakat. Pengambilan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan penduduk yang tersebar dalam beberapa kecamatan . Tekhnik pengambilan sampel tersebut adalah … .
A.      Area Sampling
B.      Purposive Sampling
C.      Insidental sampling
D.      Cluster sampling
E.       Stratified sampling

UN 2010 /2011 Paket 12

Kunci :
 
 
A
 
Catatan
 
Pembahasan
Soal
Pembahasan sama dengan contoh soal 4

Contoh
Soal 8
 
 
Seorang peneliti mengambil sampel dari populasi yang meliputi siswa kelas X, XI dan XII SMA.
Tekhnik sampling yang yang tepat digunakan adalah … .
A.      Area sampling
B.      Stratified sampling
C.      Cluster sampling
D.      Proportional sampling
E.       Purposive sampling


UN 2009 / 2010 Paket 47

Kunci :
 
B

 
Catatan
Pembahasan
Soal
Pembahasan sama dengan contoh soal 4

Contoh 
Soal 9


Untuk mengetahui dampak negative  penyalahgunaan narkoba bagi kehidupan social , peneliti hanya mengambil sampel dari para pengguna narkoba saja. Contoh tersebut merupakan sampel ….
A.      Proporsi
B.      Wilayah
C.      Berstrata
D.      Kuota
E.       Bertujuan

UN 2009 / 2010 Paket 14
Kunci :

E

Catatan


Pembahasan
Soal
Pembahasan sama dengan contoh soal 4


NO  29

Indikator

Mendeskripsikan rancangan penelitian social atau melakukan penelitian sosial
Pemetaan
Kisi - Kisi
KD

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Kata Kunci


Materi

data ( Jenis Data )           

Contoh
Soal 10

Hasil pengumpulan data penelitian tentang kehidupan masyarakat miskin dikota diperoleh dari Pemda setempat antara lain penyebaran lokasi pemukiman,jumlah populasi masyarakat miskin, jenis pekerjaan, dan lamanya menempati wilayah tersebut. Data tersebut termasuk jenis data … .
A.      Laboratorium
B.      Kepustakaan
C.      Lapangan
D.      Sekunder
E.       Primer

UN 2008/ 2009  Paket 47
Kunci :


D


Catatan

Pembahasan
Soal






  Data dalam sebuah penelitian dapat dibedakan menjadi beberapa macam sbb:
a)     Berdasarkan Cara Memperolehnya
Ø  Data primer  ; data yang diperoleh dari sumber pertama                    
Seperti data-data yang diperoleh  peneliti dari wawancara, angket  , observasi,   dan   tes
 
Ø  Data Sekunder, yaitu d ata  yang   diperoleh secara tidak   langsung  dari  sumber  lain
Seperti data dari  Biro Pusat Statistik, selain itu sumber-sumber  kepustakaan,ma jalah , surat kabar  dan juga arsip, dokumen dan catatan

b)     Berdasarkan sifatnya
Ø  Data Kuantitatif, data yang dinyatakan dalam bentuk bilangan atau angka yang hasinya dapat diolah dan dianalisis dengan menggunakan tekhnik – tekhnik statistik
Seperti ; Luas lahan pertanian 10.000 hektar,anak putus sekolah  20 orang

Ø  Data Kualitatif, data-data yang tidak dinyatakan dalam bentuk angka , tetapi lebih banyak menggunakan deskripsi, ungkapan atau makna –makna tertentu  yang harus diungkap peneliti
Seperti  data tentang status perkawinan, jenis kelamin,kelas sosial dll
 
c)     Berdasarkan  Sumbernya
Ø  Data Intern, data yang dikumpulkan sendiri dan untuk keperluan sendiri
Ø  Data Ekstern, yaitu data yang dikumpulkan oleh orang atau badan lain,yaitu bisa digunakan untuk keperluan sendiri atau untuk diselidiki oleh pihak lain baik perorangan atau kelompok


Contoh 
Soal 11


Sekelompok siswa SMA /MA melakukan pengamatan dan wawancara dengan para sopir angkutan kota guna memperoleh data . data tersebut mengenai tingkat pendidikan , jumlah anggota keluarga, , lama bekerja dalam sehari,pendapatan kotor , jumlah uang yang harus disetorkan dll. Ditinjau dari cara memperolehnya data tersebut  termasuk jenis data … .
A.      Sekunder
B.      Kualitatif
C.      Kuantitatif
D.      Primer
E.       Nominal

UN 2009 / 2010 Paket 14
Kunci :

D

Catatan



Pembahasan
Soal
Pembahasan sama dengan contoh soal 10

Contoh
Soal 12

Melalui kegiatan observasi maupu wawancara , peneliti memperoleh data fisik siswa terutama berat badan dan tinggi badan . Berdasarkan bentuknya data tersebut termasuk data…
A.      Kualitatif
B.      Kuantitatif
C.      Sekunder
D.      Primer
E.       Internal


UN 2010/ 2011 Paket 54
Kunci :


B


Catatan

Pembahasan
Soal
Pembahasan sama dengan contoh soal 10









Contoh
Soal 13


Petugas sensus memperoleh data   dengan cara dating dari rumah ke rumah penduduk untuk menanyakan jumlah anggota keluarga, tingakat pendidikan, keadaan ekonomi dll.
Ditinjau dari cara memperolehnya data tersebut termasuk data …..
a.       Primer
b.      Sekunder
c.       Kualitatif
d.      Kuantitatif
e.      Campuran



Kunci :


A

Catatan

Pembahasan
Soal
Pembahasan sama dengan contoh soal 10



LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012
 
NO  29

Indikator

Mendeskripsikan rancangan penelitian social atau melakukan penelitian sosial
Pemetaan
Kisi - Kisi
KD

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Kata Kunci

Materi
Pengumpulan Data
 
Contoh
Soal 14


Penelitian yang bertujuan untuk memperoleh data secara langsung tentang tingkah laku subyek , sebaiknya menggunakan tekhnik … .
a.       Studi pustaka
b.      Survei Lapangan
c.       Dokumentasi
d.      Kuesioner
e.      Observasi


UN 2007 /2008  Paket A

Kunci :


E

Catatan
Pembahasan
Soal



Pengumpulan data  dalam penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa tekhnik:
 
a.    OBSERVASI
Adalah merupakan aktivitas penelitian dalam rangka mengumpulkan data yang berkaitan d en g a n masalah
masalah  penelitian melalui proses pengamatan langsung di lapangan
Observasi dapat digolongkan sebagai tekhnik pengumpulan data jika mempunyai kriteria sbb
Ø  Dimanfaatkan untuk penelitian dan direncanakan secara sistematik
Ø  Harus berkaitan dengan tujuan penelitian yang direncanakan
Ø  Harus di catat secara sistematis
Ø  Dapat diperiksa dan dikontrol Validitas ( tingkat kepercayaan    )   dan reliabilitasny a    ( tingkat kehandalannya
                                                                      
Menurut keberadaan pengamat di lapangan ,   observasi dapat dibedakan  menjadi 2 yaitu :

1)    Pengamatan Terlibat ( Observasi Partisipasi )
Yaitu observasi yang  dilakukan pengamat   dengan  cara melibatkan  diri   kedalam lingkungan obyek pengamatan   
Contoh :  Seorang  peneliti  ingin  mengetahui  tentang  pola  hidup  masyarakat   Tengger maka untuk mengetahui hal ini peneliti dapat melakukan observasi partisipasi,   yaitu hidup bersama dengan masya rakat Tengger selama jangka waktu tertentu.
 
2)    Pengamatan tidak terlibat ( Observasi Non Partisipasi )
Yaitu peneliti tidak melibatkan diri secara langsung kedalam obyek pengamatan,tetapi tetap bisa memperoleh gambaran mengenai obyeknya
Contoh : Seorang peneliti ingin mengamati tentang pola perilaku pengamen anak-anak disebuah terminal. Dalam proses pengamatan,peneliti tidak harus  berperilaku atau menjadi bagian dari pengamen tersebut, namun cukup dengan cara mengamati pola perilaku , kesibukan mereka dari jarak tertentu            
        
b.    WAWANCARA
Adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab
sambil bertatap muka antara si peneliti dengan obyek penelitian
Dalam wawancara ada dua pihak yang terlibat yaitu
          A Interviewer( Pewawancara ), yaitu  o rang yang mewawancarai /pihak pewawancara
          A Interviewer( Terwawancara), yaitu orang yang diwawancarai         

c.     ANGKET/ KUESIONER ( DAFTAR PERTANYAAN )
Angket   adalah sejumlah pertanyaan tertulis   yang   digunakan untuk memperoleh informasi dari responden
  dalam arti  laporan tentang pribadinya atau hal-hal lain yang ia ketahui.
                            
d .   T E S
         Adalah serentetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur ketrampilan, penge tahuan,intelegensi,kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok
       
e.   ANALISIS ISI MEDIA MASSA
  Berita-berita yang dapat dijadikan data:
  R    Berita yang obyektif ( apa adanya )
  R    Tidak memihak
  R    Mengandung wawasan ilmiah
  R    Beritanya a k tual     
 
f .   STUDI   KEPUSTAKAAN
Merupakan suatu kegiatan penelusuran dan penelaahan literature , yang dapat dilakukan sebelum dan sesudah pe m ilihan masalah penelitian
Informasi dapat dilakukan dengan cara: penggunaan bahan dokumentsi seperti, buku, majalah arsip , notulen rapat dll


Contoh
Soal 15


Seorang peneliti ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang kehidupan suku Asmat yang ada di Papua. Peneliti terjun secara langsung ikut serta menjadi bagian dari kehidupan mereka selama berbulan – bulan. Dengan demikian dia dapat memperoleh data empirik tentang suku Asmat. Tekhnik pengumpulan data tersebut adalah … .
A.      Kuesioner / angket tertutup
B.      Wawancara berstruktur
C.      Observasi partisipasif
D.      Observasi non partisipasif
E.       Analisis isi media massa

UN 2008 / 2009  Paket B

Kunci :

C



Catatan

Pembahasan
Soal
Pembahasan sama dengan contoh soal 14

Contoh
Soal 16

Perhatikan pernyataan berikut
1.       Dapat mengamatiperubahan perilaku kelompok
2.       Kemungkinan pencatatan berbagai gejala dengan cepat
3.       Tidak terbatas pada tingkat pendidikan tertentu
4.       Tekhnik  terbaik untuk mendapat data pribadi
Dari pernyataan di atas yang menunjukkan kelebihan dari tekhnik wawancara adalah
a.       1       dan     2
b.      1       dan     3
c.       2       dan     3
d.      2       dan     4
e.      3       dan     4

UN 2008 / 2009 PAKET B

Kunci

E






Catatan

Pembahasan
Soal






    Ke lebihan   dan kelemahan wawancara
1)    Ke lebihan
Ø  Merupakan salah   satu t ekhnik terbaik untuk mendapatkan data pribadi
Ø  Tidak terbatas pada tingkat pendidikan tertentu asal responden dapat berbicara d en g a n baik
Ø  Dapat dijadikan pelengkap tekhnik pengu m pulan data lainnya
Ø  Sebagai penguji terhadap data yang didapat dengan tekhnik pengumpul lainnya
Ø  Dapat diperoleh keterangan secara mendalam
Ø  Informasi yang diinginkan dapat diperoleh dengan tepat
Ø  Dapat dipastikan bahwa jawaban dari responden
Ø  Dapat berusaha  agar pertanyaan benar –benar  dipahami responden
Ø  Cara –cara bertanya lebih fleksibel
Ø  Pewawancara yang sensitive dapat menilai gerak –gerik , nada dan suara serta air muka responden
 
    2).     Kelemahan
Ø  Responden harus mampu bicara dengan jelas dan benar, orang  yang  bisu  tidak   dapat diwawancarai
Ø  Waktu, biaya dan tenaga  yang digunakan tidak efisien
Ø  Sangat tergantung pada kesediaan responden
Ø  Proses wawancara sangat m udah dipengaruhi oleh keadaan yang terjadi pada saat wawancara
Ø  Untuk obyek yang luas diperlukan pewawancara yang banyak jumlahnya 
Ø  Kondisi si pewawancara tidak selalu stabil  dalam menghadapi berbagai orang secara berturut-turut
Ø  Belum ada sistem yang baku mengenai mencatat hasil wawancara



Contoh 
Soal 17


Beberapa cara pengumpulan data
1.       Dapat mengungkap gejala jiwa individu secara mendalam
2.       Sangat cocok untuk mendapatkan data dari sumber yang melek huruf
3.       Data penelitian yang diperoleh dapat dianalisis dengan cepat dan mudah
4.       Mampu menggambarkan kegiatan masyarakat dengan lebih sempurna

Dari pernyataan di atas yang menunjukkan keunggulan metode angket  adalah
A.      1       dan     2
B.      1       dan     3
C.      2       dan     3
D.      2       dan     4
E.       3       dan     4

UN 2009 /2010 Paket  47

Kunci :

C

Catatan






Pembahasan
Soal






       Ke lebihan   dan kelemahan Angket
1)    Ke lebihan
Ø  Tidak memerlukan hadirnya peneliti
Ø  Dapat dibagikan secara serentak kepada responden
Ø  Dapat dijawab oleh responden menurut kesempatan  dan waktu yang tersedia
Ø  Responden tidak malu-malu dan dapat menjawab setiap pertanyaan dengan jujur
Ø  Bersifat standar sehingga semua responden mendapat pertanyaan yang sama ( homogen )
                                             
      2)   Kelemahan
Ø  Metode angket hanya bisa digunakan apabila respondennya dapat membaca dan menulis
Ø  Responden mempunyai pengetahuan ,kemampuan dan kesediaan untuk menjawab
Ø  Responden sering tidak teliti dalam menjawab  pertanyaan
Ø  Seringkali sukar dicari validitasnya ( tingkat kepercayaannya )
Ø  Kadang-kadang responden dengan sengaja memberikan jawaban yang tidak benar
Ø  Jika dikirim dengan pos sering tidak kembali
Ø  Waktu pengembaliannya tidak dapat serempak









Contoh
Soal 16

Beberapa cara pengumpulan data
1.       Memperoleh data actual dengan berlangsungnya objek kajian
2.       Sangat baik untuk mengetahaui karakter individu responden
3.       Menggunakan sedikit sarana dan waktu untuk memperoleh data primer
4.       Memberi kesempatan kepada peneliti untuk mengembangkan pertanyaan
Dari pernyataan di atas yang menunjukkan keunggulan tekhnik wawancara   adalah
A.      1        dan     2
B.      1       dan     3
C.      2       dan     3
D.      2       dan     4
E.       3       dan     4

UN 2010/ 2011   Paket   54

Kunci :


D





Catatan

Pembahasan
Soal

Pembahasan sama dengan contoh soal 14


LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012
 
NO  30

Indikator

Mendeskripsikan hasil penelitian sosial
Pemetaan
Kisi - Kisi
KD

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Kata Kunci


Materi
Interpretasi data
 
 
Contoh
Soal 1


Perhatikan tabel hasil try out tes prestasi siswa berikut di bawah ini
X
f
  50
60
70
80
90
12
23
34
22
21
  Jumlah
112
Catatan : Modus 70
Berdasarkan angka modus tersebut dapat diketahui bahwa … .
A.      Mayoritas terbesar siswa mendapat nilai 70
B.      Paling banyak siswa yang mendapat nilai sama
C.      Sebagian siswa mendapat nilai di atas 70
D.      Siswa yang malas belajar tidak mendapat nilai 70
E.       Jumlah siswa yang mendapat nilai tinggi lebig dari 70

UN 2007 / 2008                                                     
Kunci :

A









Catatan
Pembahasan
Soal

Modus  adalah  merupakan ukuran pemusatan yang menunjukkan frekuensi terbesar pada suatu perangkat data atau nilai data yang memiliki frekuensi tertinggi dalam suatu distribusi    











Contoh
Soal 2


  Tabel nilai ulangan sosiologi Kelas XI IPS 2
NIlai
Frekuensi
Keterangan
Modus  = 80
  50
60
70
80
90
40
60
80
110
60
  Jumlah
350
Dari   modus yang ada pada tabel tersebut dapat diketahui bahwa … .
A.      Siswa yang tidak mengikuti remedial 80 siswa
B.      Siswa mencapai KKM sebanyak 110 siswa
C.      Peserta ulangan sebanyak 350 siswa
D.      Paling banyak siswa mendapat nilai 80
E.       Nilai terendah diperoleh siswa 40

UN 2008/2009  Paket 2008/2009

Kunci :


D







Catatan

Pembahasan
Soal

Modus  adalah  merupakan ukuran pemusatan yang menunjukkan frekuensi terbesar pada suatu perangkat data atau nilai data yang memiliki frekuensi tertinggi dalam suatu distribusi    




LEMBAR PEMETAAN KISI – KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2012

NO 

Indikator


Pemetaan
Kisi - Kisi
KD

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Kata Kunci


Materi
Fungsi Laporan Penelitian


Contoh
Soal 3


Fungsi penulisan   laporan  hasil penelitian social sederhana bagi kepentingan praktis penelitian
adalah … .
A.      Memberikan pengalaman dalam melakukan kegiatan penelitian
B.      Menginformasikan tata cara melakukan kegiatan penelitian ilmiah
C.      Membantu memecahkan masalah social yang ada dalam masayarakat
D.      Mendorong semangat untuk menyusun hasil penelitian
E.       Memudahkan dalam melakukan penelitian lanjutan

UN 2008 / 2009 Paket 47
Kunci :

C

Catatan

Pembahasan
Soal




  FUNGSI LAPORAN PENELITIAN
a.    Bagi peneliti
Laporan penelitian dapat menjadi bukti bahwa peneliti telah menemukan sesuatu .  Melalui laporan penelitian dapat untuk menunjukkan hak temuannya agar di kenal oleh banyak pihak dan menjadikan hasil temuannya lebih bermakna

b.    Bagi Ilmuwan
Laporan penelitiaan bermanfaat sebagai sarana untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan

c.     Bagi Pemerintah , birokrat dan pengambil keputusan
Laporan penelitian bermanfaat untuk penentuan kebijakan sehingga daya dukung kebijakan itu cukup kuat
 
d.    Bagi Masyarakat luas
Laporan penelitian menjadikan kehidupan  manusia menjadi lebih sempurna dan  semakin mudah


Contoh
Soal 4

Laporan penelitian mempunyai fungsi bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Manfaat laporan hasil penelitian bagi kalangan masyarakat ilmiah adalah … .
A.      Memperkaya bahan rujukan
B.      Memecahkan persoalan praktis
C.      Melatih berpikir kritis dan ekonomis
D.      Menambah kemampuan penulisan
E.       Membantu pengambilan keputusan

UN 2009/2010 Paket D17

Kunci :


B

Catatan
Pembahasan
Soal



Contoh 
Soal 5


Peneliti menyusun laporan hasil kegiatan penelitian agar dapat dibaca oleh masyarakat ilmiah. Hal ini sesuai fungsi akademik dari laporan penelitian yaitu … .
A.      Mengadakan kegiatan kemanusiaan
B.      Melaksanakan praktek penelitian modern
C.      Mewujudkan kemakmuran kelompok social
D.      Mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi
E.       Mewujudkan keadilan social bagi masyarakat

UN 2010 / 2011 paket 12

Kunci :


D
Catatan

Pembahasan
Soal





Contoh
Soal 6

Salah satu fungsi laporan hasil penelitian bagi pemerintah untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat adalah menjadi dasar dalam pembuatan … .
A.      Kebijakan pembangunan
B.      Evaluasi system pemerintahan
C.      Daftar koleksi perpustakaan
D.      Program pendidikan dasar
E.       Bentuk kekuasaan yang kuat

UN 2010 /2011 paket 54
Kunci :

A


Catatan

Pembahasan
Soal




Tidak ada komentar:

Posting Komentar