BEDAH SKL 4 dan Kisi-Kisi UN Sosiologi 2011-2012
SKL 4 : MENDESKRIPSIKAN PENYIMPANGAN DAN PENGENDALIAN SOSIAL
9. Menjelaskan sebab terjadinya perilaku menyimpang
10.Mengidentifikasi berbagai jenis perilaku menyimpang
11.Mengidentifikasi pengendalian sosial melalui berbagai jenis lembaga
Pengendalian sosial
1. Penyebab perilaku menyimpang
1. Penyerapan nilai dan norma dalam proses sosialisasi yang tidak maksimal
-
- Adanya anomie ( ketidaksesuaian antara harapan dengan kondisi yang sebenarnya
- Adanya hubungan differensiasi ( agen sosialisasi menyampaikan proses sosialisasi yang berbeda beda sehingga menimbulkan konflik internal hingga seseorang melakukan perilaku menyimpang )
- Adanya pemberian julukan / label / cap pada seseorang yang melakukan perbuatan menyimpang
- Sikap mental yang tidak sehat
- Dorongan kebutuhan ekonomi
- Pelampiasan rasa kecewa
- Pengaruh lingkungan dan media massa
- Keinginan untuk dipuji / gaya-gayaan
10. Sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna
Faktornya : kesulitan komunikasi,perbedaan tingkaah laku, dan tidak adanya konsep diri.Adanya perbedaan antara yang diajarkan (nilai dan norma) dengan apa yang dilihat dan dialami dalam kehidupan nyata.
-
- Sebagai hasil sosialisasi nilai sub kebudayaan menyimpang
Karena lingkungan pergaulan atau warisan budaya masyarakat.
Subkultur menyimpang menunjukkan adanya aturan ,nilai, norma , gaya
hidup atau kebiasaan yang bertentangan dengan subkultur dominan
2. Jenis p e rilaku menyimpang
1. Berdasarkan sifatnya/ dampaknya
a. Penyimpangan Positif; yaitu penyimpangan yang terarah pada nilai-nilai sosial.
b. Penyimpangan Negatif; yaitu penyimpangan yang cenderung bertentangan dan melanggar nilai dan norma di masyarakat.
2. Berdasarkan pelakunya
a. Penyimpangan Individual, yang dilakukan secara individual.
b. Penyimpangan Kelompok,yang dilakukan secara bersama-sama/berkelompok
c. Penyimpangan campuran
3. Berdasarkan Jenisnya
a. Penyimpangan Primer yaitu penyimpangan yang bersifat sementara/temporer, dan hanya menguasai sebagian kecil kehidupan seseorang , masyarakat masih bisa mentoler ir/menerima
b. Penyimpangan Sekunder yaitu penyimpangan sosial yang dilakukan secara terus menerus, walaupun sudah diberi sanksi dan tidak bisa ditoleransi)
4. Berdasarkan bentuknya
a. Penyalahgunaan Narkotika
b. Perkelahian Pelajar
c. Penyimpangan Seksual
- Perzinaan; hubungan seks diluar nikah.
- Lesbianisme; hubungan seks oleh sesama wanita
- Homoseksual; hubungan seks oleh sesama laki-laki
- Kumpul kebo; hidup sebagai suami istri tanpa nikah
- Sodomi; hubungan seks melalui anus
- Onani; pelampiasan hubungan seks dengan benda.
- Transvestitisme; pemuasan keinginan seks dengan mengenakan pakaian lawan jenis.
- Paedophilia; pemuasan keinginan/hubungan seks dengan anak-anak.
d. Alkoholisme
e. Kriminalitas/Kejahatan
3.Pengendalian sosial
Segala
proses baik yang direncanakan atau tidak direncanakan yang bersifat
mendidik , mengajak bahkan memaksa warga masyarakat agar mematuhi kaidah
dan nilai – nilai sosial yang berlaku
4. Lembaga pengendalian sosial
a)
Lembaga Kepolisian, bertugas mengendalikan perilaku warga masyarakat
agar dapat memelihara dan mewujudkan ketertiban dan keamanan
b) Lembaga Pengadilan, bertugas menyelidiki , mengusut dan menjatuhkan hukuman kepada masyarakat yang melanggar hukum
c)
Lembaga Adat, menjadi alat pengendalian social pada masyarakat
tradisional. Lembaga adat memuat nilai dan norma adat istiadat
masyarakat setempat agar dapat mengatur seluruh perilaku masyarakat
d) Tokoh Masyarakat
e) Lembaga pendidikan
f) Keluarga
g) Media massa
5.Cara Pengendalian Sosial
a). Pengendalian sosial formal
Dilakukan secara sadar dan berkesinambungan untuk membentuk perilaku individu berdasarkan nilai dan norma social
Dilakukan melalui lembaga pendidikan dan lembaga hukum
b) Pengendalian sosial Non formal
Sering dilakukan oleh masyarakat tradisional melalui desas – desus, ejekan maupun celaan
6. Sifat pengendalian sosial
a). Preventif , yaitu pengendalian social dilakukan dengan cara mencegah adanya
gangguan
Contoh : guru menegur siswa yang tidak tertib
b). Represif , yaitu dilakukan apabila telah terjadi pelanggaran dan supaya keadaan pulih
kembali seperti sedia kala atau mengembalikan keserasian yang pernah terganggu karena terjadinya pelanggaran
Contoh : Menjatuhkan denda terhadap pelanggar lalu lintas, menskors siswa yang berulang- ulang melanggar peraturan
a). Persuasif, dilakukan tanpa kekerasan dengan cara membimbing individu atau kelompok untuk mematuhi nilai dan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat
b). Koersif artinya pengendalian social dilakukan dengan cara kekerasan atau paksaan untuk membentuk masyarakat yang tertib social
Contoh : Apabila pedagang kaki lima disuruh pindah ketempat yang baru tidak mau
Petugas terpaksa melakukan penggusuran
7.Fungsi pengendalian social
a). Mempertebal keyakinan masyarakat terhadap nilai dan norma social
b). Memberikan penghargaan ( reward ) bagi warga masyarakat yang menaati nilai dan norma sosial
c). Menanamkan rasa malu dalam diri individu
d). Mengembangkan rasa takut , dalam diri individu jika melakukan pelanggaran nilai
dan norma
e). Menciptakan system hukum untuk mengatur hubungan masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar