Contoh Soal-Soal UN SKL 6 Sosiologi
LEMBAR PEMETAAN 1
KISI – KISI UJIAN NASIONAL
NO. 1
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Mengidentifikasi ciri atau tipe masyarakat multikultural
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Ciri atau tipe masyarakat multikultural
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Ciri atau tipe masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 22
KUNCI:
E
|
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk atau multikultural. Kemajemukan masyarakat Indonesia ditandai dengan ….
A. besarnya jumlah penduduk Indonesia
B. strategisnya letak wilayah Indonesia
C. luasnya wilayah negara Indonesia
D. tingginya angka kematian dan kelahiran
E. banyaknya suku, agama, dan budaya
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2007/2008
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
NO. 1
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan masyarakat multikultural
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Perilaku masyarakat multikultural
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Perilaku masyarakat multikultural
|
Contoh
soal 23
KUNCI : B
|
Sebagai
bangsa yang memiliki keanekaragaman budaya, peranan pendidikan
multikultural sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk
mengembangkan ….
A. kepribadian bangsa berdasarkan kebudayaan baru
B. sikap toleransi terhadap perbedaan dalam masyarakat
C. perbedaan-perbedaan budaya yang berkembang
D. budaya lokal yang ada agar tidak memudar
E. masyarakat yang adil dan makmur secara merata
|
Catatan
Soal UN Tahun 2007/2008 Paket A
|
|
Pembahasan Soal
|
|
NO.2
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Mengidentifikasi ciri atau tipe masyarakat multikultural
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Ciri atau tipe masyarakat multikultural
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Ciri atau tipe masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No. 24
KUNCI:
A
|
Indonesia
terdiri dari berbagai suku, antara lain Batak, Minang, Asmat, Ambon,
Bugis, Dayak, dan lain-lain. Masing-masing suku memiliki ciri khas
dalam aspek ….
A. bahasa, kesenian, dan tradisi
B. keturunan, budaya, dan ideology
C. budaya, kebangsaan, dan ciri fisik
D. warna kulit, tradisi, mata pencaharian
E. tradisi, keturunan, dan teknologi produksi
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2007/2008
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
|
|
Indonesia
dihuni oleh beragam suku bangsa yang tersebar di wilayah Indonesia.
Sebab terjadinya kemajemukan tersebut adalah ….
A. hilangnya identitas nasional
B. banyaknya impor dari negara lain
C. isolasi karena bentuk wilayah kepulauan
D. berkembangnya hubungan politik dengan luar negeri
E. munculnya partai-partai politik baru
|
|
|
|
|
|
|
NO.
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No. 26
KUNCI:
A
|
Kemajemukan masyarakat Indonesia berdasarkan suku bangsa dan kebudayaan merupakan akibat dari perbedaan ….
A. kondisi geografis Indonesia
B. pengaruh budaya asing
C. latarbelakang historis
D. potensi sumber daya alam
E. ideology yang dianut
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2007/2008
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
Latar belakang
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Pengaruh masyarakat majemuk terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Pengaruh masyarakat majemuk terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Contoh soal
No 27
KUNCI:
B
|
Banyaknya
organisasi yang dibentuk berdasarkan daerah asal. Orang Bandung yang
ada di Kalimantan membentuk kelompok asal daerahnya (suku Sunda),
demikian pula yang lain. Pengaruhnya terhadap masyarakat majemuk,
kelompok tersebut akan menimbulkan ….
A. materialisme
B. primordialisme
C. profesionalisme
D. strukturalisme
E. fungsionalisme
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2007/2008
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan hubungan struktur sosial masyarakat multikultural dengan proses integrasi sosial
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Hubungan struktur masyarakat majemuk terhadap proses integrasi sosial
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Hubungan struktur masyarakat majemuk terhadap proses integrasi sosial
|
|
Contoh soal
No 28
KUNCI:
E
|
Sikap
stereotip yang ditunjukkan oleh masyarakat multikultural dapat
meghambat proses integrasi nasional. Sikap ini dilatarbelakangi oleh
adanya perbedaan dalam ….
A. profesi
B. wilayah
C. kepercayaan/agama
D. keturunan
E. kebudayaan
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2007/2008
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Mengidentifikasi ciri atau tipe masyarakat multikultural
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Ciri-ciri kelompok sosial
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Ciri-ciri kelompok sosial
|
|
Contoh soal
No 21
KUNCI:
C
|
Perhatikan ciri-ciri hubungan sosial berikut!
1. Interaksi antarindividu bersifat formal
2. Hubungan sosial berlangsung erat dan intim
3. Solidaritas dan control sosial relative sangat kuat
4. Hubungan sosial dilandasi kepentingan ekonomi
Yang menjadi ciri-ciri dalam masyarakat paguyuban adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2008/2009
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Mengidentifikasi ciri atau tipe masyarakat multikultural
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Ciri-ciri atau tipe masyarakat multikultural
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Ciri-ciri atau tipe masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 22
KUNCI:
B
|
Perhatikan beberapa ciri kehidupan sosial di bawah ini!
1. Terjadinya segmentasi kelompok-kelompok sosial
2. Memiliki sub-kebudayaan yang berbeda/beragam
3. Mengembangkan sikap konsensus terhadap nilai dasar
4. Struktur sosial terbagi ke dalam lembaga yang bersifat komplementer
Yang termasuk ciri kehidupan politik dalam masyarakat majemuk adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2008/2009
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 23
KUNCI:
A
|
Kemajemukan
suku bangsa di Indonesia disebabkan oleh terjadinya isolasi sosial di
berbagai kelompok yang dipengaruhi oleh faktor….
A. keadaan geografis
B. iklim yang berbeda
C. pengaruh kebudayaan asing
D. pelaksanaan pembangunan
E. perbedaan keturunan
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2008/2009
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan hubungan struktur sosia masyarakat multikultural dengan proses integrasi sosial
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Pengaruh struktur sosial masyarakat majemuk terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Pengaruh struktur sosial masyarakat majemuk terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Contoh soal
No 24
KUNCI:
A
|
Keluarga
Umar, orang Sunda beragama Islam, bertetangga dengan keluarga Agus
yang orang Jawa beragama Kristen. Mereka mempunyai profesi yang
berbeda. Pada suatu hari keduanya bertengkar hebat. Pertengkaran
mereka dipengaruhi faktor struktur sosial majemuk, yaitu ….
A. adanya konsolidasi sosial
B. rasa harga diri yang berlebihan
C. perasaan kompetitif yang tidak sehat
D. kondisi stalemate di antara mereka
E. dianggap remeh satu sama lain
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2008/2009
Paket A
|
|
|
Pembahasan
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Pengaruh masyarakat multikultural terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Pengaruh masyarakat multikultural terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Contoh soal
No 25
KUNCI:
D
|
Beberapa perilaku dalam masyarakat:
1. Menghargai solidaritas antara kelompok suku bangsa
2. Melestarikan budaya yang diwariskan dari leluhur
3. Menghambat proses pembangunan fasilitas modern
4. Memilih pemimpin yang berasal dari putra daerah
Yang merupakan sikap primordial dalam masyarakat majemuk adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2008/2009
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
NO
|
SKL 6
|
|||||
Indikator
|
Menjelaskan pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat
|
|||||
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
||||
Pokok Bahasan
|
Kelompok sosial
|
|||||
Sub Pokok Bahasan
|
Ciri-ciri kelompok sosial
|
|||||
Kata Kunci
|
|
|||||
Materi
|
Ciri-ciri kelompok sosial
|
|||||
Contoh soal
No 23
KUNCI:
C
|
Yang membedakan antara massa dan publik berdasarkan situasi hubungan sosial dalam kelompok adalah….
|
|||||
Catatan :
Soal UN Tahun 2009/2010
Paket A
|
|
|||||
Pembahasan soal
|
Pengertian massa dan public
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Kelompok Sosial
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Ciri-ciri kelompok sosial
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Ciri-ciri kelompok sosial
|
|
Contoh soal
No 24
KUNCI:
A
|
Perhatikan beberapa bentuk kelompok sosial berikut!
(1) Persatuan Mahasiswa Indonesia di Australia
(2) Organisasi Masyarakat Pasundan di Jakarta
(3) LSM Amerika menangani masalah lingkungan
(4) Rombongan dosen-mahasiswa geologi dari ITB
Dari contoh di atas, yang termasuk kelompok paguyuban adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2009/2010
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
Ciri paguyuban (gemeinschaft)
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 25
KUNCI:
A
|
Sejumlah agama besar hidup berdampingan
dalam masyarakat Indonesia sehingga terbentuklah struktur
multi-religi. Secara sosiologis-historis, semua agama tersebut masuk
ke Indonesia di bawa oleh bangsa-bangsa asing melalui hubungan ….
A. perdagangan dan penjajahan
B. telekomunikasi dan transportasi
C. amalgamasi dan akulturasi
D. pertukaran tugas belajar
E. ekspor dan impor
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2009/2010
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
Latar belakang
|
NO
|
SKL 6
|
|||||
Indikator
|
Menjelaskan hubungan struktur sosial masyarakat multikultural dengan proses integrasi sosial
|
|||||
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
||||
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|||||
Sub Pokok Bahasan
|
Hubungan struktur sosial masyarakat multikultural terhadap integrasi sosial
|
|||||
Kata Kunci
|
|
|||||
Materi
|
Hubungan struktur sosial masyarakat multikultural terhadap integrasi sosial
|
|||||
Contoh soal
No 26
KUNCI:
E
|
Perhatikan struktur majemuk dalam tabel berikut!
Keterangan:
P = Pedagang
S = Sopir
Struktur sosial tersebut berpengaruh terhadap integrasi masyarakat majemuk karena ….
A. jenis status kesukuan dan pekerjaan bersifat horizontal
B. masyarakat membedakan jenis suku dan pekerjaan
C. setiap individu mempunyai status kesukuan dan pekerjaan
D. penghasilan penduduk berbeda kualitas maupun kuantitas
E. perbedaan suku bangsa disatukan oleh kesamaan pekerjaan
|
|||||
Catatan :
Soal UN Tahun 2009/2010
Paket A
|
|
|||||
Pembahasan soal
|
Interseksi
|
|||||
NO
|
SKL 6
|
|||||
Indikator
|
Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan masyarakat multikultural
|
|||||
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
||||
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|||||
Sub Pokok Bahasan
|
Perilaku yang sesuai dengan masyarakat multikultural
|
|||||
Kata Kunci
|
|
|||||
Materi
|
Perilaku yang sesuai dengan masyarakat multikultural
|
|||||
Contoh soal
No 27
KUNCI:
A
|
Faktor
pendorong terciptanya kerukunan intern dan antarumat beragama dalam
kemajemukan agama di Indonesia adalah sikap inklusif yang terbentuk
karena ….
A. toleransi beragama dalam masyakarat
B. kesadaran berdasarkan pemahaman
C. peran serta pemerintah
D. tingkat semangat hidup berbangsa
E. tidak ada fanatisme ekstrem
|
|||||
Catatan :
Soal UN Tahun 2009/2010
Paket A
|
|
|||||
Pembahasan soal
|
Perilaku masyarakat multikultural
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Pengaruh masyarakat multikultural terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 28
KUNCI:
D
|
Perhatikan beberapa gejala sosial berikut!
(1) Mengurangi konflik horizontal dalam masyarakat majemuk
(2) Membangun daerah asal agar tidak tertinggal
(3) Mendirikan lembaga kajian budaya seperti Javanologi
(4) Melestarikan kekayaan budaya lokal/daerah
Yang termasuk akibat positif dari etnosentrisme bagi keutuhan masyarakat adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2009/2010
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
Dampak etnosentris
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Dasar pembentukan kelompok sosial
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 26
KUNCI:
E
|
Remaja
dari berbagai daerah yang terpilih menjadi anggota Paskibra dalam
upacara bendera di Istana Negara mempunyai hubungnan sosial yang
kompak dan akrab. Diantara mereka terjalin solidaritas atas dasar
kesamaan ….
A. keyakinan agama
B. ciri fisik/jasmani
C. tempa tinggal
D. asal keturunan
E. tugas kewajiban
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2010/2011
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Ciri-ciri kelompok sosial
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 27
KUNCI:
A
|
Kelompok
sosial kekerabatan dengan anggota yang banyak memiliki ikatan batin
secara murni, tanpa pamrih (ikhlas) dan bersifat alamiah (non-formal).
Berdasarkan ciri-ciri kelompok sosial tersebut adalah ….
A. paguyuban
B. patembayan
C. perkumpulan
D. pagelaran
E. perhimpunan
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2010/2011
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 28
KUNCI:
E
|
Bangsa
Indonesia terdiri dari beragam budaya dan kelompok etnis. Kenyataan
tersebut disebabkan oleh proses diversifikasi kelompok di masa lalu.
Faktor sosiologis yang menyebabkan terjadinya penganekaragaman suku
tersebut adalah ….
A. kedudukan geografis-strategis antara dua benua
B. iklim dan struktur tanah di wilayah Indonesia
C. pertumbuhan demografis yang tidak merata
D. perbedaan ekologis berbagai wilayah Nusantara
E. isolasi sosial karena faktor geografis kepulauan
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2010/2011
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan masyarakat multikultural
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Perilaku yang sesuai dengan masyarakat multikultural
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 29
KUNCI:
D
|
Di
Pulau Karimun Jawa bertempat tinggal banyak suku bangsa Indonesia
dengan latar belakang agama yang berbeda dan saling berinteraksi
dengan intensif. Hal itu menunjukkan bahwa hubungan antarkelompok
bersifat ….
A. bertentangan
B. berlawanan
C. bersaingan
D. berdampingan
E. bermusuhan
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2010/2011
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Mengidentifikasi ciri atau tipe masyarakat multikultural
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Ciri atau tipe masyarakat multikultural
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 30
KUNCI:
C
|
Sejak
era Orde Baru dalam perekonomian Indonesia, kelompok keturunan etnis
Tionghoa mengendalikan roda distribusi dan produksi barang kebutuhan
hidup. Berkaitan dengan konsep masyarakat majemuk, konfigurasi dan
struktur tersebut berbentuk ….
A. fragmentasi
B. oposisi positif
C. minoritas dominan
D. mayoritas dominan
E. kompetisi seimbang
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2010/2011
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Pengaruh masyarakat multikultural terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 31
KUNCI:
E
|
Salah
satu ciri dari masyarakat Indonesia sebagai masyarakat majemuk adalah
beragam umat beragama dan kelompok suku bangsa. Pengaruh negatif dari
kenyataan tersebut adalah ….
A. menyebabkan kondisi dinamis
B. memandang tinggi budaya masyarakat
C. memudahkan kontak dengan budaya luar
D. mengambil budaya dari luar negeri
E. mengarah pada disintegrasi budaya
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2010/2011
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Pengaruh masyarakat multikultural terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 32
KUNCI:
E
|
Dewasa
ini muncul partai-partai baru di Indonesia bersamaan dengan semakin
menguatnya perkembangan politik aliran. Dampak positifnya adalah….
A. berkurangnya jiwa nasionalisme
B. memudarnya ikatan sosial tradisional
C. terbentuknya solidaritas kelompok sosial
D. menguatnya semangat mendapatkan jabatan
E. tersalurkannya aspirasi rakyat yang beragam
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2010/2011
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Pengaruh masyarakat multikultural terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 31
KUNCI:
E
|
Salah
satu ciri dari masyarakat Indonesia sebagai masyarakat majemuk adalah
beragam umat beragama dan kelompok suku bangsa. Pengaruh negatif dari
kenyataan tersebut adalah ….
A. menyebabkan kondisi dinamis
B. memandang tinggi budaya masyarakat
C. memudahkan kontak dengan budaya luar
D. mengambil budaya dari luar negeri
E. mengarah pada disintegrasi budaya
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2010/2011
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
|
NO
|
SKL 6
|
|
Indikator
|
Menjelaskan latarbelakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Pemetaan kisi-kisi
|
KD
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Pokok Bahasan
|
Masyarakat multikultural
|
|
Sub Pokok Bahasan
|
Pengaruh masyarakat multikultural terhadap kehidupan masyarakat
|
|
Kata Kunci
|
|
|
Materi
|
Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
|
Contoh soal
No 33
KUNCI:
A
|
Primordialisme
mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan bermasyarakat dan
bernegara di Indonesia yang perlu diwaspadai. Karena primordialisme
mempunyai fungsi laten, yaitu ….
A. memicu konflik horizontal
B. memperkuat ikatan sosial
C. menciptakan stabilitas sosial
D. meningkatkan sikap toleransi
E. menyatukan beraneka budaya
|
|
Catatan :
Soal UN Tahun 2010/2011
Paket A
|
|
|
Pembahasan soal
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar